Efek Komunikasi Massa






Efek Komunikasi Massa

A.     Efek Kognitif
Efek yang terjadi pada tingkat pengetahuan. Jika khalayak telah menerima suatu pesan, maka mereka menjadi tahu mengenai apa yang disampaikan kepadanya. Itu adalah efek komunikasi yang paling dasar dan dapat dipastikan selalu menghasilkan efek kognisi sesuai tingkat intelektualitas pendengarnya.
Contohnya:
1)      Dalam sebuah acara televisi di sampaikan informasi supaya masyarakat agar  menghindari ayam suntik. Keseringan mengonsumsi ayam ini akan berdampak pada kesehatan. Dengan demikian informasi ini akan memberikan pengetahuan yang bermanfaat untuk masyarakat.
2)       Pada pelajaran bahasa Inggris di kelas B, Miss Anggit memberitahukan kepada para mahasiswa di kelas tersebut tentang scrapbook  dengan memperlihatkan contoh scrapbook yang dipinjam dari kelas lain. Dengan informasi yang disampaikan tersebut maka pesan yang diterima oleh para mahasiswa kelas B yaitu berupa pengetahuan tentang apa itu scrapbook serta cara membuatnya yang bisa ditambah dengan kreatifitas sendiri.
3)      TNI angkatan laut kini sudah menaklukan 30 kapal, sejak pergantian mentri kelautan dan perikanan. Dari informasi tersebut dapat kita ketahui bahwa Indonesia telah sedikit berubah. Dengan ditangkapnya kapal-kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia diharapkan dapat memberi efek jera pada kapal asing agar tidak lagi mencuri ikan di perairan Indonesia. Dan juga dengan adanya kebijakan ini, hasil tangkapan ikan para nelayan Indonesia akan bertambah dan meningkatnya taraf hidup mereka.
4)       Diinformasikan bahwa pada tanggal 26 Januari 2015 akan diadakan tes EAP kembali khusus untuk s1 yang akan memperbaiki nilai EAP-nya (remedi). Dengan informasi tersebut, maka Dina akan menyiapkan segala sesuatunya agar nanti nilainya bisa A. Karena tes ini sangat penting dan juga berpengaruh terhadap pencarian kerja kelak, maupun jika ingin mengambil beasiswa ke luar negeri.
5)      Dian adalah pemuda yang selalu berpenampilanrapi, sedangakan Didi merupakan pemuda yang berpenampilan acak-acakan yang terkesan berantakan. Dari penampilan mereka tersebut, dapat kita nilai atau ketahui bahwa Dian adalah pemuda yang kemungkinan pekerjaannya lebih bagus dari pada Didi, misalnya pegawai kantor, pemerintahan, bank dan lain sebagainya yang mana pada pekerjaan ini biasanya dituntut dengan penampilan yang rapi. Sedangkan Didi mungkin hanya bekerja pada bidang swasta lainnya yang tidak mengharuskannya berpenampilan rapi.

B.     Efek Efektif
Efek ini terjadi pada tingkat pesan. Lazimnya efek  ini terjadi setelah efek kognisi. Setelah khalayak paham mengenai apa yang terkandung dalam pesan yang diterimanya. Akan muncul dalam diri mereka perasaan tertentu semisal suka atau tidak suka terhadap isi pesan tersebut. Efek ini antara lain tergantung dari isi dan susunan pesan yang mereka terima.
1)      Dari informasi tentang anjuran agar menghindar ayam suntik tersebut, maka Ani mempunyai perasaan setuju akan berusaha untuk menghindari pengonsumsian ayam suntik itu dan juga perasaan takut akan dampak yang ditimbulkan dari mengonsumsi ayam suntik tersebut.
2)      Setelah melihat di televisi, berita, Sinta merasakan kesedihan  seperti korban tanah longsor di Barjarnegara tersebut, yang mana mereka tidak hanya kehilanan harta benda saja tetapi juga ada yang kehilangan keluarga mereka. Selain perasaan kasian, Sinta juga memiliki perasaan takut. Dikarenakan Tuhan telah manunjukkan kuasanya, yaitu dengan menyelamatkan sebuah rumah dari serangan tanah longsor.
3)      Lala tidak suka terhadap proses kelahiran si jabang bayi, anak Anang-Asyanti  yang dikemas dan dijadikan acara tersendiri. Karena menurutnya hal tersebut  tidak ada manfaatnya untuk kehidupan masyarakat luas dan terkesan berlebihan. Selain itu, menurutnya hal ini juga bisa mempengaruhi kenyamanan pasien yang melahirkan lainnya, yang mana karena dalam proses syuting memerlukan berbagai macam peralatan.
4)      Nia mendengar informasi bahwa akan diadakan tes EAP lagi guna memperbaiki nilai. Dengan adanya informasi tentang adanya tes EAP guna memperbaiki nilai, Nia sangat senang. Karena dia menginginkan beasisiwa ke luar negeri dan adanya tes ini berarti Nia mempunyai kesempatan untuk mendapatkan nilai yang lebih baik lagi.
5)      Siang itu ketika jam kosong, Sita melihat kalender pendidikan di website milik fakultas ilmu politik dan ilmu sosial. Dengan melihat kalender pendidikan tersebut, Sita menjadi senang sekaligus takut. Senang karena sebentar lagi libur yang berarti dia akan segera pulang dan bertemu keluarganya di Pangkalan Bun. Dan juga takut, apabila ia nanti remedi mengenai nilai-nilainya selama kuliah ini.

C.     Efek Konatif (psikomotorik)
Efek ini terjadi pada tingkat tingkah laku. Sesudah khalayak tahu dan menetap perasaan tertentu terhadap objek yang dibicarakan maka mereka akan melakukan tindakan tertentu. Banyak faktor yang mendukung atau menghambat terjadinya efek psikomotorik ini, baik faktor fisik (material) atau nonfisik (emeterial).
1)      Adanya informasi dan perasaan takut tentang  dampak dari mengonsumsi ayam suntik tersebut maka, kini Ani tidak lagi membeli ayam suntik melainkan ayam kampung yang dipesan langsung dari peternak ayam kampung di lingkungan rumahnya.
2)      Di televisi diberitakan bahwa terjadi tanah longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah. Intan memiliki tabungan sebesar Rp 500.000,00. Karena kepedulian sosialnya maka  Intan menyumbangkan seluruh tabungannya tersebut kepada korban tanah longsor di Banjarnegara. Meskipun itu adalah tabungannya yang ia kumpulkan  selama kurang lebih 6 bulan.
3)      Sejak dari dulu bahkan sampai sekarang Israel tetap masih saja menjajah Palestina. Aan menganggap bahwa Palestina termasuk saudara seagamanya. Oleh karena itu, atas dasar kemanusiaan dan rasa simpatinya terhadap rakyat  Palestina maka Aan memberikan  setengah dari tabungannya untuk mereka, padahal tabungan tersebut akan digunakannya untuk membuka usaha.
4)      Yuda adalah salah satu mahasiswa sebauh universitas negeri dengan jurusan sastra arab. Ia pernah mengikuti tes EAP sebelumnya namun mendapatkan nilai C. Dan karena keinginan untuk memperbaiki nilai EAPnya maka Yuda melakukan cara-cara guna untuk menambah skor nilai dan menaikkan predikat nilainya. Dia sering mengikuti pelatihan-pelatihan tes toelf, dan juga membeli buku-buku soal latihan EAP. Tidak hanya itu dia juga belajar dari kaset yang ia peroleh dari pembelian buku.
5)      Susi adalah seorang karyawan yang senang memasak. Di sela-sela waktu istirahatnya biasanya dia membaca koran. Dan ketika ada menu makanan beserta resepnya yang membuatnya tertarik maka Susi langsung membeli bahan-bahan kuenya dan segera mempraktekannya. Dalam prakteknya , terkadang Susi gagal tetapi dia tidak menyerah.

Komentar