Efek
Komunikasi Massa
A. Efek
Kognitif
Efek yang terjadi pada tingkat
pengetahuan. Jika khalayak telah menerima suatu pesan, maka mereka menjadi tahu
mengenai apa yang disampaikan kepadanya. Itu adalah efek komunikasi yang paling
dasar dan dapat dipastikan selalu menghasilkan efek kognisi sesuai tingkat
intelektualitas pendengarnya.
Contohnya:
1) Dalam
sebuah acara televisi di sampaikan informasi supaya masyarakat agar menghindari ayam suntik. Keseringan
mengonsumsi ayam ini akan berdampak pada kesehatan. Dengan demikian informasi
ini akan memberikan pengetahuan yang bermanfaat untuk masyarakat.
2) Pada pelajaran bahasa Inggris di kelas B, Miss
Anggit memberitahukan kepada para mahasiswa di kelas tersebut tentang
scrapbook dengan memperlihatkan contoh
scrapbook yang dipinjam dari kelas lain. Dengan informasi yang disampaikan
tersebut maka pesan yang diterima oleh para mahasiswa kelas B yaitu berupa
pengetahuan tentang apa itu scrapbook serta cara membuatnya yang bisa ditambah
dengan kreatifitas sendiri.
3) TNI
angkatan laut kini sudah menaklukan 30 kapal, sejak pergantian mentri kelautan
dan perikanan. Dari informasi tersebut dapat kita ketahui bahwa Indonesia telah
sedikit berubah. Dengan ditangkapnya kapal-kapal asing yang mencuri ikan di
perairan Indonesia diharapkan dapat memberi efek jera pada kapal asing agar
tidak lagi mencuri ikan di perairan Indonesia. Dan juga dengan adanya kebijakan
ini, hasil tangkapan ikan para nelayan Indonesia akan bertambah dan
meningkatnya taraf hidup mereka.
4) Diinformasikan bahwa pada tanggal 26 Januari
2015 akan diadakan tes EAP kembali khusus untuk s1 yang akan memperbaiki nilai
EAP-nya (remedi). Dengan informasi tersebut, maka Dina akan menyiapkan segala
sesuatunya agar nanti nilainya bisa A. Karena tes ini sangat penting dan juga
berpengaruh terhadap pencarian kerja kelak, maupun jika ingin mengambil
beasiswa ke luar negeri.
5) Dian
adalah pemuda yang selalu berpenampilanrapi, sedangakan Didi merupakan pemuda
yang berpenampilan acak-acakan yang terkesan berantakan. Dari penampilan mereka
tersebut, dapat kita nilai atau ketahui bahwa Dian adalah pemuda yang
kemungkinan pekerjaannya lebih bagus dari pada Didi, misalnya pegawai kantor,
pemerintahan, bank dan lain sebagainya yang mana pada pekerjaan ini biasanya dituntut
dengan penampilan yang rapi. Sedangkan Didi mungkin hanya bekerja pada bidang
swasta lainnya yang tidak mengharuskannya berpenampilan rapi.
B. Efek
Efektif
Efek ini terjadi pada tingkat pesan.
Lazimnya efek ini terjadi setelah efek
kognisi. Setelah khalayak paham mengenai apa yang terkandung dalam pesan yang
diterimanya. Akan muncul dalam diri mereka perasaan tertentu semisal suka atau
tidak suka terhadap isi pesan tersebut. Efek ini antara lain tergantung dari
isi dan susunan pesan yang mereka terima.
1) Dari
informasi tentang anjuran agar menghindar ayam suntik tersebut, maka Ani
mempunyai perasaan setuju akan berusaha untuk menghindari pengonsumsian ayam
suntik itu dan juga perasaan takut akan dampak yang ditimbulkan dari
mengonsumsi ayam suntik tersebut.
2) Setelah
melihat di televisi, berita, Sinta merasakan kesedihan seperti korban tanah longsor di Barjarnegara
tersebut, yang mana mereka tidak hanya kehilanan harta benda saja tetapi juga
ada yang kehilangan keluarga mereka. Selain perasaan kasian, Sinta juga
memiliki perasaan takut. Dikarenakan Tuhan telah manunjukkan kuasanya, yaitu
dengan menyelamatkan sebuah rumah dari serangan tanah longsor.
3) Lala
tidak suka terhadap proses kelahiran si jabang bayi, anak Anang-Asyanti yang dikemas dan dijadikan acara tersendiri.
Karena menurutnya hal tersebut tidak ada
manfaatnya untuk kehidupan masyarakat luas dan terkesan berlebihan. Selain itu,
menurutnya hal ini juga bisa mempengaruhi kenyamanan pasien yang melahirkan
lainnya, yang mana karena dalam proses syuting memerlukan berbagai macam
peralatan.
4) Nia
mendengar informasi bahwa akan diadakan tes EAP lagi guna memperbaiki nilai. Dengan
adanya informasi tentang adanya tes EAP guna memperbaiki nilai, Nia sangat
senang. Karena dia menginginkan beasisiwa ke luar negeri dan adanya tes ini
berarti Nia mempunyai kesempatan untuk mendapatkan nilai yang lebih baik lagi.
5) Siang
itu ketika jam kosong, Sita melihat kalender pendidikan di website milik
fakultas ilmu politik dan ilmu sosial. Dengan melihat kalender pendidikan
tersebut, Sita menjadi senang sekaligus takut. Senang karena sebentar lagi
libur yang berarti dia akan segera pulang dan bertemu keluarganya di Pangkalan
Bun. Dan juga takut, apabila ia nanti remedi mengenai nilai-nilainya selama
kuliah ini.
C. Efek
Konatif (psikomotorik)
Efek ini terjadi pada tingkat tingkah
laku. Sesudah khalayak tahu dan menetap perasaan tertentu terhadap objek yang
dibicarakan maka mereka akan melakukan tindakan tertentu. Banyak faktor yang
mendukung atau menghambat terjadinya efek psikomotorik ini, baik faktor fisik
(material) atau nonfisik (emeterial).
1) Adanya
informasi dan perasaan takut tentang
dampak dari mengonsumsi ayam suntik tersebut maka, kini Ani tidak lagi
membeli ayam suntik melainkan ayam kampung yang dipesan langsung dari peternak
ayam kampung di lingkungan rumahnya.
2) Di
televisi diberitakan bahwa terjadi tanah longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah.
Intan memiliki tabungan sebesar Rp 500.000,00. Karena kepedulian sosialnya
maka Intan menyumbangkan seluruh
tabungannya tersebut kepada korban tanah longsor di Banjarnegara. Meskipun itu
adalah tabungannya yang ia kumpulkan
selama kurang lebih 6 bulan.
3) Sejak
dari dulu bahkan sampai sekarang Israel tetap masih saja menjajah Palestina.
Aan menganggap bahwa Palestina termasuk saudara seagamanya. Oleh karena itu,
atas dasar kemanusiaan dan rasa simpatinya terhadap rakyat Palestina maka Aan memberikan setengah dari tabungannya untuk mereka,
padahal tabungan tersebut akan digunakannya untuk membuka usaha.
4) Yuda
adalah salah satu mahasiswa sebauh universitas negeri dengan jurusan sastra
arab. Ia pernah mengikuti tes EAP sebelumnya namun mendapatkan nilai C. Dan karena
keinginan untuk memperbaiki nilai EAPnya maka Yuda melakukan cara-cara guna
untuk menambah skor nilai dan menaikkan predikat nilainya. Dia sering mengikuti
pelatihan-pelatihan tes toelf, dan juga membeli buku-buku soal latihan EAP.
Tidak hanya itu dia juga belajar dari kaset yang ia peroleh dari pembelian
buku.
5) Susi
adalah seorang karyawan yang senang memasak. Di sela-sela waktu istirahatnya
biasanya dia membaca koran. Dan ketika ada menu makanan beserta resepnya yang
membuatnya tertarik maka Susi langsung membeli bahan-bahan kuenya dan segera
mempraktekannya. Dalam prakteknya , terkadang Susi gagal tetapi dia tidak
menyerah.
Komentar
Posting Komentar